by

Kepo Urusan Panglima, Ichang Ho Diperkarakan

BENGKULU SELATAN | KOMPOLMAS.com — Pemilik akun youtube Ichang Ho bakal segera diperkarakan Tim Panglima Kumbang.

Keputusan memperkarakan akun ini, setelah melihat semakin gusarnya “para serdadu” Kumbang pasca tereksposnya pengakuan manuver politik panglima mereka melalui sebuah rekaman video wawancara dilakukan pemilik akun tersebut.

top

Demikian diutarakan salah satu fungsionaris Tim Panglima Kumbang saat mendatangi Kantor Redaksi KOMPOLMAS.com, Minggu (18/10/2020) malam.

Menurut dia, video berdurasi 1.081 detik itu telah mengundang polemik dan kegaduhan di tengah masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan yang tengah sama-sama berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pilkada.

Tukang kayu yang belum lama beralih profesi sebagai jurnalis ini menilai, Iksan Jabalan sebagai pemilik akun Ichang Ho bisa dijerat pasal berlapis, yakni perbuatan tidak menyenangkan dan penipuan.

Dalam video itu, lanjut dia, Iksan terlihat beberapa kali mencibir ke arah HL yang tengah diwawancarainya, bahkan sempat tertawa terbahak-bahak sembari mengeluarkan kalimat bernada ejekan.

Unsur penipuannya, melalui kalimat berputar-putar dan berulang-ulang, Iksan juga telah mengecoh HL hingga akhirnya mengeluarkan pengakuan mencengangkan tentang hubungan Tim Panglima Kumbang —kini mendukung salah satu peserta Pilkada Bengkulu Selatan— cenderung terkesan melakukan perbuatan terlarang, yakni menunggangi Pokdar Kamtibmas Bhayangkara.

“Anggap saja itu (ucapan HL-red) pengakuan jujur. Tapi dia (Iksan Jabalan-red) punya kewajiban menyensor pernyataan-pernyataan yang dinilai membahayakan, apalagi berpotensi merusak privasi korban dan membenturkannya dengan pihak kepolisian,” bebernya bernada kesal.

Padahal, tambah dia, sangat banyak pernyataan HL dalam video itu adalah rahasia organisasi yang patut dilindungi. Ironisnya, editing video justru dilakukan pelaku pada bagian-bagian pernyataan menguntungkan korban.

Penelusuran KOMPOLMAS.com di belantara maya, video dipermasalahkan loyalis Tim Panglima Kumbang tadi berjudul Dewi Sartika Dizolimi, di-upload akun youtube Ichang Ho pada Kamis (15/10) malam.

Narasi video tersebut berisi tanggapan terhadap video di akun youtube Tebat Gelumpai, berjudul Pembubaran Tim???, di-upload Kamis (8/10) lalu. Berisi pertemuan Tim Panglima Kumbang —dipimpin HL— membahas perjuangan melankolis tim ini hingga akhirnya menetapkan dukungan kepada salah satu peserta Pilkada yang saat itu ikut menghadiri pertemuan.

Video ini juga berisi pernyataan HL dan perangkatnya tentang kedekatan hubungan antara Tim Panglima Kumbang dengan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kabupaten Bengkulu Selatan.

Diduga terdesak komentar pedas khalayak netizen+62, akun youtube Ichang Ho pun meng-upload video versi non-editing hasil wawancaranya kepada HL, Jum’at (16/10).

Informasi terhimpun KOMPOLMAS.com, Ichang Ho tidak bergerak sendiri. Sederetan nama beken, seperti Wong Fei Hung, Pui Sie Giok, hingga Cu Pat Kai diduga berada di lingkaran ini.

Hingga berita ini ditulis, upaya mengonfirmasi pemilik akun youtube Ichang Ho terus kandas. Dua kali panggilan ke nomor pribadinya tidak digubris, chatting melalui whatsApp hanya dibaca dan belum dibalas.[emn]

Comment

Berita Terkini