by

Skak Mat! Partai Berkarya PAW Legislator Bekas Kader Pembangkang

BENGKULU SELATAN | KOMPOLMAS.com Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Beringin Karya (Berkarya) Kabupaten Bengkulu Selatan akhirnya melayangkan surat Pergantian Antar Waktu seorang bekas kadernya yang kini masih bercokol di DPRD setempat.

Bekas kader tersebut adalah Supardi SSos. “Benar, kemarin (Kamis-red) pagi DPD Berkarya sudah melayangkan surat ke pimpinan DPRD Bengkulu Selatan, untuk segera memproses PAW itu,” ujar Sekretaris DPD Berkarya Despriyadi, Jum’at (2/10/2020) pagi.

top

Menurut dia, PAW ini wajib dilakukan mengingat Supardi bukan lagi pengurus dan anggota Partai Berkarya pasca terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM yang mengesahkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), dan diduga kuat Supardi tidak mengakui keabsahan SK tersebut.

“Sikap mangkir ini kemudian dibuktikan dengan tidak hadirnya Saudara Supardi memenuhi undangan Rakernas di Surabaya tanggal 14 sampai 16 Agustus 2020. Padahal dalam surat undangan sudah tertulis gamblang tentang resiko fatal kalau tidak menghadirinya,” ungkap Despriyadi.

Terdapat tiga poin penting dalam surat undangan Nomor 017/B/DPP/BERKARYA/VIII/2020 tersebut, yakni :

  1. Bahwa RAKERNAS ini terdapat materi PEMBEKALAN bagi anggota DPRD Partai Berkarya baik dari provinsi maupun kabupaten/kota dan DIWAJIBKAN bagi seluruh anggota DPRD untuk hadir dan mengikuti jadual yang dimaksud.
  2. Bahwa bagi anggota DPRD Partai Berkarya yang TIDAK HADIR pada kegiatan yang dimaksud maka akan diberikan sanksi organisasi berujung Pergantian Antar Waktu (PAW).
  3. Bahwa bila anggota DPRD Partai Berkarya berhalangan hadir tanpa alasan yang jelas maka dapat diwakilkan pada calon pengganti (PAW) yaitu suara terbesar kedua setelah anggota DPRD yang berhalangan tersebut dari hasil PEMILU 2019.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Bengkulu Selatan Syamsul Hadi membenarkan rencana PAW tersebut.

Melalui surat nomor 011/DPD/BERKARYA/X/2020, bertanggal 30 September 2020, pihaknya mendesak pimpinan DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan secepatnya memproses usulan dimaksud.[san]

Comment

Berita Terkini